Progres 1 RPL

Latar Belakang
Bahasa Inggris matapelajaran yang harus dikuasai anak-anak. Menghafal kosa kata dianggap sesuatu yang membosankan dan sulit bagi anak.anak sehingga mereka cenderung malas untuk mempelajarinya. Untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang lebih efektif. Selama ini belajar bahasa inggris hanya terpaku pada belajar dari buku. Dibutuhkan suatu pembelajaran yang menyenangkan dan membuat anak merasa dirinya tidak sedang belajar.
Di era globalisasi ini, segala sesuatu tidak lepas dari ketergantungan teknologi, baik bagi anak-anak maupun orang tua. Game merupakan media pembelajaran langsung dengan pola learning by doing. Game mempunyai potensi yang sangat besar dalam membangun motivasi pada proses pembelajara. Maka dari itu perlu dikembangkan game edukatif yang memuat unsur pendidikan bahas Inggris bagi anak-anak.




Tujuan Pembuatan 
Aplikasi ini diharapkan dapat membantu anak-anak belajar bahasa inggris yaitu dalam bentuk menghafalkan kosa kata bahasa inggris beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Anak-anak cenderung lebih senang belajar melalui game yang memiliki tampilan visual dan audio yang lebih menarik daripada sekedar menghafal dari buku. Dengan bermain game edukatif ini secara tidak langsung anak-anak dapat menghafal dengan lebih mudah.
Gambaran Umum Program
Aplikasi ini merupakan game mencocokkan kata, yaitu mencocokkan antara kata bahasa indonesia  dan bahasa inggris. Jadi terdapat satu kata bahasa indonesia dan sekelompok kata dalam bahasa inggris. Pemain harus memilih kata dalam bahasa inggris yang sesuai dengan satu kata dalam bahasa Indonesia yang ditampilkan . Cara memilih kata bahasa inggris yaitu dengan cara mengklik salah satu kata dalam sekumpulan kata bahasa Inggris. Apabila jawaban benar maka kata tersebut akan hilang, namun apabila jawaban salah maka akan tetap muncul sampai pemain memilih jawaban yang benar. Permainan ini terdiri 5 level, semakin meningkat level maka waktu yang diberikan untuk menyelesaikan permainan semakin sedikit. Sebelum memulai permainan pemain membuat nama pemain, level yang telah dicapai pemain dapat tersimpan, jadi ketika pemain ingin memainkan permainan ini di lain waktu maka dapat melanjutkan ke level selanjutnya.

 Minimum Requirement
Aplikasi ini memiliki persyaratan minimum untuk dinyatakan sudah berhasil di buat, diantaranya adalah :
  • Aplikasi ini mampu menampilkan kata bahasa indonesia dan inggris secara acak
  • Aplikasi ini mampu merespon jawaban yang benar dan yang salah sesuai dengan input yang dimasukkan oleh user.
  • Aplikasi ini terdiri dari beberapa level dengan tingkat kesulitan yang semakin meningkat  
3
Analisis Kebutuhan 

Database
Program ini memerlukan 1 Database, database  ini terdiri dari dua tabel yaitu tabel kosakata yang berisi kata bahasa indonesia dan padanannya dalam bahasa inggris, selain itu terdapat tabel pemain yang berisi nama pemain dan tingkatan levelnya.

Sound
Selain database,program ini juga membutuhkan suara-suara, sebagai pelengkap dalam sebuah media. Contohnya apabila dalam menjawab maka terdapat suara baik jawaban tersebut salah ataupun benar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar